P2MKP Karya Lestari Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan Lele untuk Ibu-ibu

 

Foto bersama pelatihan lele
Bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BP3) Banyuwangi, Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Karya Lestari menggelar Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Lele di Bangsal BBI Pesiapan, Desa Dauh peken, Tabanan, Kamis (27/6).

Kepala Diskanlaut Tabanan I Made Subagia dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Perikanan Budidaya Made Muncan saat membuka pelatihan dalam laporannya mengungkapkan, peluang bisnis perikanan dan kelautan di Kabupaten Tabanan masih terbuka lebar. Di antaranya adalah bisnis pengolahan dan pemasaran ikan lele yang konsumennya terus meningkat.

Menurut Made Subagia, meski peluang bisnis pengolahan dan pemasaran lele prospeknya cerah, namun produksinya masih rendah. Hal ini dikarenakan masih rendahnya tingkat kemampuan pelaku usaha dalam berimprovisasi jenis produk dan pemahaman teknologi. “Selain itu juga masih rendahnya kemampuan modal usaha yang dimiliki UKM,” paparnya.

Terkait hal itu, Made Subagia menyambut positif pelatihan yang digelar P2MKP Karya Lestari untuk peningkatan SDM pelaku usaha pengolahan dan pemasaran ikan.” Dengan adanya pelatihan ini diharapkan usaha pengolahan dan pemasaran lele bisa berkembang sehingga bisa meningkatkan pendapatan UKM pelaku usaha,” katanya. berharap.

Sebelumnya, Ketua P2MKP Karya Lestari Ni Made Putriningsih Wirna selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengungkapkan, pelatihan ini dilaksanakan selama empat hari mulai Kamis (27/6) sampai Minggu (30/6). “Jumlah peserta 20 orang terdiri dari ibu-ibu PKK, Dharma Wanita dan Gatriwara,” paparnya.
Menurut Putriningsih, selama pelatihan peserta menerima materi tentang strategi pengolahan dan pemasaran hasil perikanan serta teknik pengolahan aneka olahan ikan lele seperti nuget, kaki naga, keong mas, siomai, stik dan keripik kulit ikan lele. “Materi diberikan secara teori dan praktek langsung,” tegasnya. (gus)

Tinggalkan komentar

Blognya Agus Rochdianto

Jayalah Perikanan dan Kelautan Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.