UPP Mina Karya Lestari Tabanan Maju ke Tingkat Nasional

Pengurus UPP Mina Karya Lestari bersama petugas dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tabanan ketika melakukan pembinaan pokdakan budidaya ikan lele di kolam terpal

Setelah sukses meraih juara I tingkat provinsi Bali tahun 2011 lalu, Unit Pelayanan Pengembangan (UPP) Mina Karya Lestari Kabupaten Tabanan tahun 2012 diusulkan oleh Dinas Kelautan dan perikanan (DKP) Provinis Bali untuk menjadi duta Bali dalam lomba Kinerja UPP tingkat Nasional. Setelah dilakukan verifikasi administrasi, UPP Mina karya Lestari akhirnya masuk ke dalam lima besar di tingkat nasional.

Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlaut) Kabupaten Tabanan I Made Subagia, S.Pi, MM ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/10) membenarkan bila UPP Mina Karya Lestari memang masuk lima besar tingkat nasional dalam lomba UPP tahun 2012 ini. “Informasi yang kami terima beberapa hari lalu dari Kementrian Kelutan dan Perikanan, UPP Mina Karya Lestari memang masuk ke dalam lima besar. Tim penilai segera akan turun ke lapangan untuk melakukan penilaian secara langsung. Kapan pastinya, kami belum dapat informasi lebih lanjut,” jelasnya.

Menurut Subagia,  UPP Mina Karya Lestari merupakan wadah dari Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kabupaten Tabanan. Adanya UPP ini, diharapkan bisa memperkuat posisi tawar pembudiaya ikan, sekaligus juga diharapkan bisa menyatukan kekuatan berupa pengetahuan dan keterampilan, keinginan dan tekad, hubungan sosial serta lahan usaha budidaya yang dimiliki masing-masing Pokdakan guna meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan melalui peningkatan produktivitas usahanya. “Tidak semua kabupaten di Bali memiliki UPP. Kami bersyukur karena UPP Mina Karya Lestari yang berdiri pada tahun 2005 ini merupakan UPP pertama di Bali,” ujarnya.

Kegiatan UPP

Ditemui secara terpisah,  Ketua UPP Mina Karya Lestari Drs. I Wayan Widarta mengungkapkan UPP Mina Karya Lestari memiliki anggota sejumlah 343 Pokdakan. Dibanding tahun sebelumnya, jumlah Pokdakan yang menjadi anggota mengalami peningkatan sejumlah 24 pokdakan. “tahun lalu jumlah anggota 319 pokdakan. Tahun ini meningkat menjadi 343 pokdakan,” jelasnya.

Pokdakan yang menjadi anggota UPP Mina Karya Lestari tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Tabanan. Sebagian besar berupa Pokdakan budidaya ikan di kolam yang mencapai sejumlah 238 pokdakan. “Anggota kami yang menekuni budidaya di kolam 238 pokdakan, budidaya mina padi 57 pokdakan, budidaya di saluran irigasi 45 pokdakan dan jakapung 3 pokdakan,” katanya merinci.

Menurut Widarta, guna memberdayakan pokdakan anggota UPP tersebut, pihaknya selalu mengadakan pendampingan. Baik itu pendampingan dalam pengelolaan Dana Penguatan Modal (DPM), pendampingan Bantuan Selisih harga Benih Ikan (BSHBI), pengelolaan Bansos, Wirausaha Pemula Perikanan Budiaya maupun pendampingan program Pengembangan Usaha mina Pedesaan Perikanan Budidaya (PUMP-PB). “Selain itu, kami juga melaksanakan demplot, studi banding dan pelatihan untuk peningkatan SDM pembudiaya ikan,” terangnya

Selain itu, pada tahun 2008 lalu pihaknya juga sudah melakukan pengembangan unit usaha dengan mendirikan Koperas Pembudiaya ikan Mina Lestari pada tahun 2008 lalu. Dengan adanya koperasi ini, diharapkan bisa membantu anggota dalam pemenuhan usaha dan sarana produksi perikanan. “Usaha yang dilakukan koperasi pembudiaya ikan ini utamanya berupa simpan pinjam dan penyaluran sarana produksi perikanan berupa pakan dan obat-obatan ikan terdaftar,” tegasnya.

Menurut Widarta, berkat pendampingan dan berbagai upaya yang dilakukan UPP Mina Karya Lestari tersebut, sejumlah pokdakan anggota UPP Mina Karya Lestari dalam dua tahun terakhir ini berhasil menorehkan sejumlah prestasi. Di antaranya Pokdakan Darma Nadi tahun 2010 berhasil meraih juara I Provnisi Bali dan juara II tingkat nasional tahun 2011 lalu. Pokdakan Mina Sri Kandi  tahun 2011 lalu meraih juara III Provinsi Bali dan tahun 2012 ini meraih juara I tingkat Provinsi Bali.(gus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blognya Agus Rochdianto

Jayalah Perikanan dan Kelautan Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: