Peringati Hari Ibu, Bapak-bapak Ikuti Lomba Cipta Menu Ikan Lele


Anggota Tim dan pendukung Kelompok IV, bangga bisa meraih juara I lomba cipta menu ikan.

Memperingati Hari Ibu, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan menggelar lomba cipta menu ikan yang diikuti oleh bapak-bapak perwakilan Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD), Jum’at (16/12) di Bangsal pengolahan ikan Diskanlaut Tabanan.

Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten I Sekda Tabanan, Wayan Yatnanadi mengatakan, lomba ini berdampak positif karena bisa memberikan pembelajaran sekaligus tanggung jawab bagi para bapak dalam urusan memasak ketika istrinya berhalangan memasak karena ada urusan penting lainya.”Selaku pimpinan daerah, saya memberikan apresiasi terhadap lomba ini karena antara bapak dan ibu dalam keluarga juga harus saling berbagi tanggung jawab. Saat ibu-ibunya sibuk, bapak-bapak bisa mengambil peran itu, kendati sifatnya hanya sementara,” ujarnya.

Mengingat lomba memasak ini tergolong istimewa, Bupati Wiryastuti berharap kepada dewan juri dan para peserta untuk mengedepankan sportifitas, objektifitas dan fair play, sehingga keputusan yang diambil juri betul-betul jujur dan adil. “ Dalam lomba ini, yang terpenting adalah muaranya untuk menumbuhkan semangat gerakan makan ikan, bukan semata-mata meraih juara,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia lomba Nyonya Nengah Judiana dalam laporannya mengungkapkan, lomba memasak nugget berbahan ikan lele ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan gerakan makan ikan. “Selain itu, juga untuk memberikan tanggung jawab kepada suami dalam urusan memasak, saat ibu-ibu rumah tangga memiliki kesibukan. Hal ini sejalan dengan pengarustamaan gender,” kilahnya.

Menurut Ketua Panitia, dalam lomba ini yang menjadi fokus penilaian adalah, dari segi persiapan, proses memasak dan penyajian. Dalam persiapan, dinilai alat-alat yang tepat untuk pengolahan nugget. Dalam proses, peserta diharapkan untuk melakukan kerja sama tim, pembagian tugas, kebersihan dan sisa bahan yang disiapkan. Sedangkan saat penyajian, diharapkan peserta bisa menghasilkan bentuk-bentuk nuget berbahan ikan lele yang inovatif. “Segi rasa jangan sampai diabaikan, karena rasa akan memberikan kesan dan kenangan tersendiri bagi penikmat kuliner,” paparnya.

Dari hasil penilaian Tim juri, lomba yang diikuti oleh sepuluh kelompok yang terdiri dari 5 – 6 enam perwakilan SKPD ini, juara pertama diraih Kelompok IV yang terdiri dari perwakilan Diskanlaut, Disnakertrans, Disbudpar, PU dan Kesbanglinmas. Juara II diraih Kelompok VI dari Bapeluh, Staf Ahli, Ketahanan Pangan, KB dan Perpustakaan. Sedangkan Juara III diraih Kelompok I terdiri dari Asisten I, II, III, BKD dan BRSU.

I Made Subagia, Sekretaris Diskanlaut selaku peserta dari Kelompok IV mengaku bersyukur bisa meraih juara pertama. “ Soal masak-memasak menu ikan kami memang sudah terbiasa. Namun untuk menghadapi lomba ini, tim kami harus melakukan persiapan khusus,” katanya seusai menerima hadiah. (gus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blognya Agus Rochdianto

Jayalah Perikanan dan Kelautan Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: