Nelayan Sering Kehilangan Lobster HNSI dan Pokmaswas Tabanan Berang

Nelayan Tabanan pulang melaut bawa bubu lobster


Nelayan di Kabupaten Tabanan yang sebagian besar mengandalkan hasil tangkapannya di laut berupa lobster, belakangan banyak yang mengeluh karena lobster yang ditangkap dengan bantuan bubu sering hilang dicuri orang. Menerima keluhan tersebut Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kabupaten Tabanan berang. Mereka akan mengadukannya ke Polres Tabanan untuk mencari solusi terbaik.

Ketua DPC HNSI Kabupaten Tabanan Ir. I Ketut Arasana Yasa mengemukakan, kehilangan lobster di laut tersebut sebenarnya sudah lama terjadi. Namun belakangan pihaknya sering menerima laporan tersebut dari para nelayan di Tabanan. “Nelayan yang melapor kehilangan bubu dan lobster semakin banyak. Jumlah lobster yang hilang dicuri tersebut bisa satu ton sebulan. Kalau harga lobster rata-rata Rp 200 ribu per kilo gram, jumlah kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah,” jelasnya.

Ketut Arsana Yasa yang akrab dipanggil dengan nama Sadam ini menambahkan, pencuri lobster tersebut berdasarkan pengamatannya dilakukan oleh nelayan dari luar daerah Tabanan pada malam hari hingga pagi hari. Modusnya, mereka mendatangi lokasi pemasangan bubu. Berikutnya, mereka mengangkat bubu dan mengambil lobster yang terperangkap di dalamnya. Ada juga di antaranya yang melakukan penyelaman dan merusak bubu dengan arit atau pisau untuk mengambil lobsternya. “Bubu di bagian pintu dirusak menggunakan arit,” kata Sadam sambil menyodorkan ponselnya menunjukkan foto bubu yang dirusak.

Menurut Sadam, pihaknya beberapa waktu yang lalu pernah memerogoki nelayan dari luar daerah tengah mencuri bubu di perairan Pantai Soka. Namun ketika didekati, mereka langsung kabur. “Kami tak bisa mengejarnya karena perahu kami kalah cepat,” katanya sambil menambahkan mereka umumnya menggunakan menggunakan perahu bermesin 40 PK. Sedangkan pihaknya hanya menggunan mesin 15 PK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blognya Agus Rochdianto

Jayalah Perikanan dan Kelautan Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: