Lama Tak Melaut, Nelayan Tabanan Terima Beras 7,7 Ton dan PUMP Rp 1 Milyar

Bupati Tabanan secara simbolis serahkan bantuan beras kepada nelayan


Nelayan di Tabanan tahun ini mendapat bantuan beras sejumlah 7,7 ton dan bantuan program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) Perikanan Tangkap senilai Rp 1 milyar.

Bantuan beras tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti kepada perwakilan kelompok nelayan, Selasa (14/6) di ruang rapat lantai III kantor bupati setempat. Sedangkan bantuan program PUMP diserahkan secara simbolis oleh Direktur Pengembangan Usaha Perikanan Tangkap (PUPI), Tyas Budiaman .

Bupati Wiryastuti dalam sambutannya mengungkapkan, bantuan beras merupakan berkah yang luar biasa bagi nelayan di Tabanan yang belakangan tidak bias melaut akibat cuaca yang tidak bersahabat. Sementara bantuan program PUMP Perikanan Tangkap diharapkan bisa merangsang perekonomian sektor perikanan tangkap yang pelaku utamanya para nelayan.

Terkait bantuan yang diterima nelayan di Tabanan tersebut, Bupati Wiryastuti menyatakan rasa terima kasihnya kepada pemerinmtah pusat. Bupati mengakui, mengingat ketersediaan anggaran yang terbatas, pihaknya tidak bisa lepas dari bantuan pemerintah pusat. Untuk itu, koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat harus terjalin terus untuk mewujudkan Tabanan Serasi.

Menurut Bupati Wiryastuti, Pemberian bantuan beras itu, telah diatur dan berpedoman pada surat tiga menteri, yakni surat keputusan bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Bidang Kesejahteraan Rakyat, Peraturan Menteri Sosial dan Surat Menteri Kelautan dan Perikanan RI. Sementara terkait dengan program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) Perikanan Tangkap di Tabanan, mengacu pada pedoman umum dan pedoman teknis yang dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Kami merasa bangga karena realisasi bantuan beras untuk nelayan dan program PUMP Perikanan Tangkap ini, Kabupaten Tabanan merupakan penerima bantuan pertama di Bali,” katanya berterus terang.

Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam sambutannya yang dibacakan Direktur PUPI Tyas Budiaman mengemukakan, bantuan beras dan program PUMP Perikanan Tangkap merupakan salah satu bentuk kepedulian KKP terhadap nelayan di Indonesia. Terkait telah direalisasikannya bantuan tersebut di Kabupaten Tabanan, Dirjen Perikanan Tangkap memberikan apresiasi positif dan berharap langkah yang telah ditempuh Bupati Tabanan bias dijadikan contoh bagi bupati lainnya di Bali.

Direktur PUPI secara simbolis serahkan program PUMP


Kepada para nelayan penerima bantuan, Dirjen Perikanan Tangkap berpesan agar dapat memanfaatkan dan mengelolanya dengan baik, efisien dan penuh rasa tanggung jawab sehingga menjadi contoh dan teladan bagi nelayan dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) lainnya di Kabupaten Tabanan dan Bali.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanluat) Kabupaten Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM seusai pertemuan kepada Manggala mengungkapkan, nelayan di Tabanan yang berhak menerima bantuan beras ini telah melewati proses identifikasi dan verifikasi. Dari 29 kelompok nelayan yang ada di Tabanan, 19 kelompok nelayan yang terdiri atas 361 KK dengan jumlah anggota keluarga 1.387 jiwa. ”Setelah dilakukan identifikasi dan verifikasi, dari 29 kelompok nelayan di Tabanan, ada 19 kelompok yang lolos seleksi. Mereka tersebar di enam kecamatan dan dua belas desa pesisir di Tabanan,” ungkapnya.

Nelayan Yeh Gangga terima bantuan beras dari pemerintah


Sementara untuk program PUMP Perikanan Tangkap, pihaknya telah mengusulkan 29 KUB. Namun sesuai alokasi yang teklah ditetapkan KKP, dari 29 KUB tersebut hanya disetujui 10 KUB karena dana yang tersedia tahun ini sebesar Rp 1 miliar untuk 10 KUB. ”Adanya bantuan dari pemerintah pusat ini, kita harapkan bisa memberikan dampak positif bagi pemberdayaan nelayan dalam pengembangkan usahanya,” katanya berharap. (gus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blognya Agus Rochdianto

Jayalah Perikanan dan Kelautan Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: