Penilaian Pokmaswas Tingkat Provinsi Tirta Gangga siap Ukir Prestasi

Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) merupakan harapan dan tumpuan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkungan dalam penyelamatan lingkungan.

Penilaian Pokmaswas Tirta Gangga
Ketua Tim Penilai Lomba Pokmaswas tingkat Provinsi Bali, Ir. Saleh Purwanto mengemukakan hal itu saat memberikan sambutan dalam penilaian lomba Pokmaswas di Sekretariat Pokmasawas Tirta Gangga, Br. Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan. Terkait hal itu, Saleh Purwanto meminta agar Pokmaswas Tirta Gangga bisa bekerja optimal. Tidak saja melakukan pengawasan pada aspek perikanan dan kelautan, namun bisa lebih luas lagi melingkupi lingkungan di perairan umum dan darat.

Selain itu, Saleh Purwanto juga meminta agar Pokmaswas Tirta Gangga melakukan pengawasan terhadap ikan-ikan yang akan djadikan bahan olahan sehingga ikan yang diolah serta hasil olahannya benar-benar aman untuk dikonsumsi. “Pengawasan tidak hanya pada lingkungan kelautan dan perikanan, tapi juga harus meliputi pengawasan terhadap ikan-ikan yang akan dijadikan bahan olahan,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Saleh Purwanto juga mengharapkan agar Pokmaswas Tirta Gangga membuat zona-zona pengawasan di wilayah kerja. Pada masing-masing zona ini, diberi keterangan tentang jenis gangguan yang sering terjadi. Dengan adanya zona-zona atau pemetaan ini, lebih memudahkan dalam melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam hal pengawasannya.

Sebelumnya, Ketua Pokmaswas Tirta Gangga, I Nyoman Joto dalam laporannya mengungkapkan, Pokmaswas Tirta Gangga yang berdiri pada 22 September 2004 ini memiliki anggota 83 orang. Sejak dibentuk, Pokmaswas Tirta Gangga telah melakukan berbagai aktivitas. Di antaranya kegiatan bersih pantai, penanaman pohon bakau dan waru untuk penghijauan wilayah pesisir, pemasangan papan larangan dan himbauan di tempat-tempat strategis dan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan PLPBM serta aktif melakukan sosialisasi penggunaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan.

Selain itu, Pokmaswas Tirta Gangga juga pernah terlibat dalam penyelamtan ikan paus yang terdampar di pantai, mencari dan menyelamatkan korban-korban yang tenggelam di pantai serta membantu nelayan yang mengalami musibah di laut. “Kami secara berkala juga melakukan patroli di laut bersama Polisi Air dari Pospol Yeh Gangga,” paparnya.

Nyoman Joto dalam laporannya juga mengungkapkan, bila Pokmaswas Tirta Gangga pernah meraih presatsi sebagai Juara I Pokmaswas tingkat Kabupaten Tabanan pada tahun 2007 dan 2011. Bermodalkan prestasi tersebut, Pokmaswas Tirta Gangga yang tahun ini dipercaya sebagai duta Tabanan dalam lomba Pokmaswas tingkat Provinis Bali, bertekad akan mengukir prestasi terbaik. “Kami siap dinilai dan siap memberikan prestasi terbaik bagi Kabupaten Tabanan,” tegasnya optimis. (gus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blognya Agus Rochdianto

Jayalah Perikanan dan Kelautan Indonesia

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: